Tips Sehat Selama Mejalankan Ibadah Haji


Tips Sehat Selama Mejalankan Ibadah Haji - Ibadah haji merupakan rukun islam yang ke-5 dan wajib ditunaikan oleh setiap muslim, dengan syarat dia sudah mampu, baik mampu dari segi fisik dan biaya. Selain itu, menunaikan ibadah haji merupakan kegiatan ibadah yang cukup panjang dan memerluhkan fisik yang cukup fit. Belum lagi masalah iklim yang berbeda dengan Indonesia, membuat para jamaah haji rentan jatuh sakit karena kelelahan ataupun factor lainnya.

Tips Jaga Kesehatan Saat Ibadah Haji

Untuk anda yang akan ataupun sedang melakukan ibadah haji, alangkah baiknya untuk senan-tiasa menerapkan pola hidup sehat, agar kondisi badan tetap bugar dan terus bisa menjalankan ibadah haji. Nah, sebelum hal itu terjadi, alangkah baiknya anda memperhatikan beberapa tips sehat selama menjalankan ibadah haji di bawah ini :

1. Selalu Membekali Diri dengan Air Mineral

Iklim yang ada di Arab Saudi tidak sama dengan iklim Indonesia, di sana iklimnya kering, sedangkan di sini mempunyai iklim yang lembab. Oleh karena itu, banyak jamaah yang terkena dehidrasi karena merasa dirinya tidak haus dan cairan yang ada ditubuhnya terus berkurang. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya anda selalu membawa air mineral yang mengandung fluoride untuk mengganti cairan tubuh yang sudah terpakai. Jika anda ingin yang natural, anda bisa mengunakan air Zam-zam yang bisa anda beli di sana.

2. Istirahat yang Cukup

Saat pelaksanaan ibadah haji, banyak rangkaian ibadah yang akan ditunaikan dan pastinya memerluhkan banyak tenaga. Maka dari itu, gunakan waktu luang untuk beristirahat, jangan malah anda gunakan untuk berjalan-jalan atupun berbelanja. Apabila anda kurang istirahat, maka tubuh akan kurang fit dan tidak cukup tenaga untuk menunaikan serangkai ibadah haji. Tidak hanya itu, jika istirahat anda kurang, tubuh anda akan jauh lebih rentan terkena penyakit, dan anda akan mudah jatuh sakit.

3. Makan Makanan yang Seimbang

Selain menjaga kualitas istirahat, anda juga harus bisa memperhatikan pola makan. Para Jamaah dihimbau untuk senantiasa memperhatikan asupan makanannya, apakah kandungan atau gizi yang ada di dalam makanan tersebut sudah seimbang atau belum. Biasanya, makanan yang ada di sana sudah disesuaikan dengan selera lidah orang Indonesia, sehingga anda tidak perlu khawatir tentang kualitas makanan di Arab Saudi nanti. Namun, tetap perhatikan ke-bersihan makanan dan makan makanan yang seimbang agar tubuh tidak mudah jatuh sakit.

 4. Kurangi Aktifitas Di Udara Terbuka

Cuaca di Arab Saudi bisa berubah-ubah setiap menitnya, sehingga anda harus bisa mengganti-sipasi perubahan cuaca yang berganti secara tiba-tiba. Apabila saat menjalankan ibadah haji diluar ruangan, seperti sa'i, sebaiknya perhatikan cuaca pada saat itu. Jika udara terasa menyengat, dan tubuh mulai lemas, maka beristirahatlah terlebih dahulu, jangan memaksakan diri. Alangkah baiknya, anda mengistirahatkan sejenak tubuh anda, atau menghubungi pihak medias yang berjaga di sana.

5. Selalu Lakukan Pemeriksaan Selama Menjalankan Ibadah Haji

Ini factor yang sangat berpengaruh, pasalnya, kontak jamaah satu dengan jamaah lainya cukup dekat, sehingga jamaah rawan tertular penyakit. Mengantisipasi anda terlular penyakit, langkah yang harus anda ambil adalah, selalu melakukan pemeriksaan setelah menunaikan ibadah, misalnya, setelah tawaf, anda langsung mengubungi pihak medis untuk mengetahui apakah tubuh anda tertular penyakit dari jamaah lain atau tidak.

Sekian Tips Jaga Kesehatan Saat Ibadah Haji. Semoga tips-tips di atas bisa membantu anda saat ataupun akan melaksanakan ibadah haji, sehingga anda bisa menjalankan ibadah haji dengan kyusuk dan tanpa halangan sedikitpun. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel