Penyebab dan Tanda Janin Tidak Berkembang


Penyebab dan TandaJanin Tidak BerkembangJanin tidak berkembang memang menjadi salah satu kabar kurang mengenakkan bagi si bunda yang mengandung atau pun si ayah. Tapi apakah Anda tahu apa itu janin tidak Berkembang? dan apa penyebabnya? Mari kita simak jawabannya dibawah ini.

Pengertian Janin Tidak Berkembang dan Penyebabnya

Tahukah Anda? kebenaran berkata bahwa tidak ada istilah Janin nggak berkembang dalam dunia medis,yang ada adalah blighted ovum atau kehamilan kosong.

Kehamilan Kosong artinya terbentuknya kantung kehamilan, tetapi tidak terdapat embrio di dalamnya. Salah satu penyebab Janin tidak Berkembang adalah kelainan kromosom di zigot. Hal ini bisa jadi karena kualitas sperma atau sel telur yang kurang baik.

Penyebab Janin Tidak Berkembang

sel telur yang telah dibuahi atau zigot gagal membelah diri menjadi embrio.bukan hanya itu Penyebab kehamilan kosong juga bisa terjadi ketika pembelahan sel zigot yang berhenti setelah menempel pada dinding rahim. pada beberapa kasus janin tidak berkembang juga bisa disebabkan infeksi,efek samping obat-obatan, konsumsi alkohol,atau kelainan bentuk rahim.

Mengenal Apa itu Janin

Janin adalah mamalia yang berkembang pada fase embrio dan sebelum kelahiran.Pada manusia,janin berkembang ketika akhir minggu kedelapan kehamilan,sewaktu struktur utama dan sistem organ terbentuk,hingga kelahiran. Janin juga disebut Calon Bayi.dalam bahasa inggris janin biasanya disebut fetus,foetus, fœtus, faetus, fætus.

5 Tanda-Tanda Janin tidak Berkembang

1. Tinggi fundus tidak normal

Mengukur tinggi fundus adalah salah satu Cara mengecek kesehatan kehamilan yang biasanya di cek pada saat umur kehamilan mencapai 12 sampai 14 minggu.

Cara mengukur tinggi fundus dihitung dari puncak tulang pinggul ke bagian paling atas perut.ada juga cara lain yang dapat dilakukan oleh bunda di rumah,caranya cari bagian pubis.Pubis biasa nya ada di bawah pusar dan berada di dekat area yang ditumbuhi rumbut kemaluan.Cari sedikit benjolan di sana untuk bagian bawah.Sementara untuk bagian atas, tarik pita ukur hingga puncak perut. Mintalah bantuan orang lain untuk mengukurnya sendiri di rumah.

Perlu diketahui Tinggi fundus yang normal hanya mecapai angka 2 cm dari usia kehamilan.Misalnya saat mengingjak 18 minggu hamil,kisaran normal tinggi
fundus adalah 16 hingga 20 cm.

2. Penurunan level HCG mendadak

HCG atau kepanjangannya Human chorionic gonadotropin adalah hormon kehamilan yang diproduksi oleh wanita hamil. Hormon ini yang dideteksi oleh sebuah alat  pengetes kehamilan yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menunjukkan hasil kehamilan yang positif atau negatif.

3. Intrauterine growth restriction (IUGR)

Jika IGUR menunjukkan bahwa janin dalam kandungan yang ukurannya lebih kecil dari yang diharapkan.Hal ini dapat menjadi masalah karena berisiko menyebabkan janin berhenti berkembang.

4. Amnion atau Ketuban Pecah

Cairan pada rahim yang melindungi janin adalah ketuban.Jika ketuban pecah pada kehamilan usia dini maka dapat menjadi salah satu tanda pertumbuhan janin telah berhenti. Jangan panik jika ketuban Anda pecah, sebaiknya periksa ke dokter terlebih dahulu.

5.Sering Kram saat Hamil

Kram yang hebat dapat menandakan kontraksi yang mendorong janin menjauh dari rahim. Sebenarnya Kram saat Hamil adalah kejadian yang biasa,namun perlu di waspadai juga.

Nah itu dia penyebab dan tanda dari janin yang tidakberkembang. Namun selain itu, bisa Anda baca apa itu Janin tidak Berkembang yang sebenarnya,dan semoga dengan adanya artikel ini,bunda bisa dapat pengetahuan lebih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel