Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Bagaimana Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat ? Di era jaman sekarang ini kebanyakan orang lebih menyukai sesuatu yang instan dengan alasan tidak mau ribet. Padahal jika kita pikir-pikir sesuatu yang instan kita tidak mengetahui bagaimana proses pembuatannya, bagaimana asal usulnya. Entah dari bahan yang alami atau tidak, yang pastinya sesuatu yang instan sangatlah berbahaya.

Situasi seperti sekarang ini banyak kita temui seperti contohnya kebiasaan mengkonsumsi fast food atau biasa disebut junk food. Makan di restoran cepat saji seolah-olah menjadi hal yang membudidaya dan dianggap menjadi pilihan masa kini. Entah kenapa padahal jika dibandingkan dengan masakan sendiri tentunya jauh lebih sehat dan higenis. Kita tidak pernah tau makanan yang kita konsumsi dari luar entah bagaimana proses pengolahannya, terbuat dari bahan dasar apa saja, dan apa saja dampak jika kita berlebihan mengkonsumsinya.

Gaya Hidup Sehat

Bukan hanya soal makanan, seperti contohnya untuk menuju ke suatu tempat. Di jaman dahulu seseorang untuk mencapai ke suatu tempat harus berusaha dulu seperti berjalan kaki atau berkendara. Namun pada masa sekarang, yaitu jaman yang lebih moderen. Segala aktivitas banyak yang dimudahkan seiring perkembangan dunia teknologi. Tanpa keluar rumah seseorang bisa memesan tiket dengan melalui aplikasi seluler. Sedangkan un1. tuk transfer uang dapat digantikan dengan cara menggunakan aplikasi internet banking. 

Budaya instan yang semakin merajalela kini tentunya memiliki dampak buruk pada tubuh kita, contohnya makanan. Tahukah anda apa saja kandungan yang berada dalam makanan cepat saji? Bagaimana proses pembuatannya? Bahan dasarnya apa saja? Makanan cepat saji mengandung salah satu zat jahat dalam tubuh yaitu kolestrol. Selain itu juga mengandung lemak trans tinggi. Jenis lemak inilah yang sangat membahayakan tubuh jika sering di konsumsi dapat menyebabka penyumbatan pembuluh darah. Jika gaya hidup sehat tidak segera di terapkan sejak dini maka efeknya sangat berbahaya yaitu bisa menyebabkan gejala stroke dan serangan jantung koroner. 

Beberapa Tips menjaga agar tubuh tetap sehat :

1. Menjaga Pola Makan Sebagian Dari Hidup Sehat

Lakukan pemilihan makanan dan jangan sembarang memasukkan makanan ke dalam perut. Kontrol juga porsi makan anda. Kurangi kebiasaan anda mengkonsumsi sesuatu yang instan. Usahakan memasak sendiridan juga perhatikan kadar gizi makanan yang akan kita masak. 
Jika dilihat dari komposisinya, tubuh biasanya membutuhkan Karbohidrat sekitar 60-70 persen, Protein 10-15 persen, dan Lemak sekitar 20-25 persen. Untuk sisanya lengkapi dengan mineral dan vitamin. Sebaiknya makan seperlunya tetapi teratur daripada jarang makan namun sekali makan porsi besar. 

2. Olahraga Bagian Dari Hidup Sehat

Setelah melakukan cara nomor satu, lakukan juga olahraga secara rutin. Sebenarnya ilmuwan tidak menetapkan batas atau minimal melakukan olahraga perhari. Namun setidaknya lakukan olahraga minimal 30 menit dalam sehari. Meskipun hanya melakukan gerakan ringan namun ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Olahraga bisa dilakukan dengan banyak cara antara lain seperti Gym, Jogging, berenang, dan sebagainya. 

3. Depresi Bukan Sebagian dari Hidup Sehat

Usahakan fikiran anda untuk selalu rileks. Jangan paksakan otak anda untuk ebrfikir keras. Pasalnya ini juga tidak baik untuk kesehatan anda karena bisa menyebabkan stres dan juga depresi. Penyakit mental ini akan meolak untuk menerapkan gaya hidup sehat. Ditambah lagi jika seseorang sedang depresi maka gula darah akan meningkat dan bisa menyebabkan terkena penyakit diabetes tipe 2. Selain itu berefek bagi otot, sistem muskuloskeletal juga kena imbasnya akibatnya keluhan sakit kepala, leher, pundak atau punggung. Hal tersebut tentu sangat mengganggu program gaya hidup sehat. 

4. Gaya Hidup Sehat dengan Ibadah

Selain melakukan cara-cara di atas kita juga harus mengimbangi dengan berdoa kepada Tuhan. Karena sejatinya Tuhanlah yang memberikan kesehtaan kepada manusia.

Sekian ulasan mengenai Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat. Untuk memulainya bisa dimulai dari diri kita sendiri.Misalnya mulai dari menjaga pola makan, rutin melakukan olahraga, usahakan fikiran tidak stres, dan yang terakhir berdoa kepada Tuhan. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel